Cara Membedakan Arduino Asli dengan yang Palsu (clone)

Pada artikel ini kita akan membahas cara membedakan board Arduino asli dengan Arduino clone atau tiruan.

Pada artikel ini kita akan membahas cara membedakan board Arduino asli dengan Arduino clone atau tiruan. Kita tidak bisa memungkiri bahwa banyak sekali beredar Arduino palsu (clone) baik itu di pasar Indonesia maupun pasar global.

Mungkin bagi yang sudah biasa menggunakan board Arduino akan paham mana board yang asli dan yang palsu, namun bagi yang baru pertama kali pasti akan bingung. Berikut adalah beberapa cara membedakan board Arduino asli dengan board Arduino palsu (clone). 

Sekiranya informasi yang saya sampaikan di bawah ini dapat membantu kawan-kawan sebelum membeli board Arduino. Ohya, di artikel ini kita akan menggunakan board Arduino Uno sebagai contoh. 

Warna Arduino Asli dengan Tiruan Berbeda

Arduino telah melakukan pembaruan desain dan warna pada board Arduino Uno menjadi berwarna teal. Biasanya Arduino Uno palsu yang beredar di pasaran masih menggunakan warna versi lama yaitu warna biru tua khas PCB pada umumnya. Untuk melihat perbedaannya dapat dilihat pada gambar di bawah ini. 

Board Tampak Depan

Board Arduino Uno (versi DIP)

Board Arduino Uno (versi DIP)

Board Arduino Uno (versi SMD)

Board Tampak Belakang

Board Arduino Uno

Board Arduino Uno

Font Arduino Asli dengan yang Palsu Berbeda

Font yang digunakan pada tulisan Arduino atau Uno antara Arduino asli dengan Arduino palsu sebenarnya terdapat sedikit perbedaan jika kita jeli memperhatikannya. Letak perbedaan tersebut biasanya terdapat pada huruf O. Simak perbedaannya pada gambar di bawah ini.

Membedakan Arduino Asli dengan Arduino Palsu Berdasarkan Font
Perbedaan Font Arduino Uno Asli dengan Arduino Uno Palsu

Logo di Belakang Arduino Asli dengan yang Palsu Berbeda

Perbedaan ke tiga terdapat pada logo Arduino yang dicetak pada bagian belakang masing-masing board, dimana Arduino palsu (clone) tidak dapat menyerupai logo yang terdapat pada board Arduino asli. Perbedaan keduanya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Membedakan Arduino Asli dengan Arduino Palsu Berdasarkan Logo
Perbedaan Logo Arduino Uno Asli dengan Arduino Palsu

Arduino Asli Dibuat di Italia

Arduino merupakan merk yang berasal dari negara Italia. Kita bisa melihat peta Italia dan tulisan "Made in Italy" di bagian belakang board Arduino Uno. Jika pada sebuah board Arduino Uno dibuat selain di Italia dapat dipastikan itu board palsu.

Membedakan Arduino Asli dengan Arduino Palsu Berdasarkan Asal Pembuat
Perbedaan Logo Italia Arduino Uno Asli dengan Arduino Uno Palsu

Tata Letak dan Koneksi Antar Komponen Berbeda

Pada Arduino Uno asli tata letak serta koneksi antar komponen disusun dengan rapi sedangkan Arduino Uno tiruan (clone) biasanya tidak serapi Arduino Uno Asli. Untuk lebih jelasnya coba lihat gambar di bawah ini.

Membedakan Arduino Asli dengan Arduino Palsu Berdasarkan Tata Letak Komponen
Perbedaan Sirkuit Arduino Uno Asli dengan Arduino Uno Palsu

Komponen yang Digunakan Berbeda

Dilansir dari laman How to spot a counterfeit Arduino komponen satu ini adalah perbedaan terbesar antara Arduino Uno yang asli dengan Arduino Uno yang palsu. Komponen ini biasanya bertuliskan 501K serta berwarna emas. Komponen ini berada di dekat komponen penurun tegangan (voltage regulator). 

Arduino Uno palsu biasanya menggunakan komponen lain namun berwarna hijau. Komponen ini dibuat khusus untuk Arduino agar membuatnya berbeda, oleh karena itu komponen ini dapat dijadikan panduan utama untuk membedakan board Arduino Uno asli dengan board Arduino palsu.

Membedakan Arduino Asli dengan Arduino Palsu Berdasarkan Komponen
Perbedaan Komponen Arduino Uno Asli dengan Arduino Uno Palsu

Harga

Jika board dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari harga yang tertera pada toko resmi Arduino dapat dipastikan board tersebut palsu atau clone. 

Penghobi Elektronika